TUTORIAL WORD 2007

TUTORIAL WORD 2007

Bagi pengguna Microsoft Word XP atau Office 2003 mungkin sedikit kelabakan jika suatu saat harus menggunakan Office 2007 karena file yang harus dibuka menggunakan format .docx.   Mulai mencoba-coba menu-menu yang ada. Mulai dari Home, Insert, Page Layout, References Review ataupun View.   Saya sendiri pernah suatu ketika  karena mendapat file dari temen dan tugas saya hanya memberi nomor halaman, saya harus pusing tujuh keliling sebelum akhirnya mendapatkan format yang saya inginkan.
Microsoft Office 2007 sebenarnya dirancang untuk memudahkan user,  Microsoft Word (MS Word) merupakan program untuk mengolah kata. Program ini bisa digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, skripsi, novel, dan sebagainya. Selain menulis dokumen, MS Word juga dapat digunakan untuk bekerja dengan tabel, menulis teks dengan kreasi, menyisipkan gambar, maupun yang lainnya.  Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas dari Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada berikut :


Tampilan Utama Office 2007
Tampilan Utama Office 2007
Dengan tampilan diatas, tentunya yang kita kenal hanya toolbar formatting. Banyak fitur tambahan  yang benar-benar baru.
Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close. Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya.



Tampilan Ribbon 2007
Tampilan Baru Ribbon Word 2007

  • Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. Sebagai contoh, tool Open merupakan shortcut dari  Office Button>Open, atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save.
  • Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. Sebagai contoh, pada menu Home terdapat submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya.
  • Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar.
  • Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal, yaitu di atas dokumen, dan secara vertikal, yaitu di sebelah kiri dokumen. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman.
  • Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan, antara lain.
    • Page: menampilkan informasi halaman
    • Words: Menampilkan jumlah halaman, kata, huruf (tanpa spasi), huruf (dengan spasi), paragraf, dan baris
View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen, antara lain:
  • Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default).
  • Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh.
  • Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.
  • Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen.
  • Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
Dari tampilan yang ada tentunya terbayang betapa harus membutuhkan ketelatenan mencoba dan mencoba, try and error sehingga tampilan baru Word 2007 benar-benar familiar terutama bagi pengguna Word 2003 atau sebelumnya.
Sedikit trik :
Kabar gembira bagi pengguna Office 2003, shortcut yang ada pada Word 2003 dapat difungsikan dalam Word 2007. Bahkan  inisial MenuBar dapat difungsikan. Contoh menyimpan dengan menggunakan Alt+F+S atau Ctrl+S
Berikut ShortCut yang ada dalam Word 2003 yang bisa digunakan untuk mempercepat bekerja dengan Word 2007
Daftar ShortCut Office 2003
Daftar ShortCut Office 2003
Biar program baru… ngetik tetap banter… berkat shortcut.


3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik

SEJARAH KUBIK-RUBIK :

Permainan kubik ini pertama kali ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pengukir dari Hungaria dan profesor arsitektur bernama Erno Rubik. Pada mulanya permainan ini dikenal dengan nama “Magic Cube” atau “Rubik’s Cube” kemudian permainan ini di Lisensi dan dijual umum pada tahun 1980. Pada saat peluncuran perdana, Rubik’s Cube mendapatkan penghargaan sebagai Best Puzzle pada Jerman Games of the Year. Sekitar 350 juta Rubik’s Cube telah terjual di seluruh dunia hingga Januari 2009.

Kita sebut saja nama permainan ini Kubik-Rubik biar mudah di ingat, di Indonesia permainan kubik-rubik ini pun sangat digemari bukan hanya di kalangan anak-anak saja tetapi remaja, dan orang tua pun senang memainkannya, bahkan di Jakarta didirikan JRCC (Jakarta Rubik’s Cube Club) club para penggemar Kubik-Rubik, sekelompok anak muda yang memiliki hobi speedcubing ini berlomba menyelesaikan permainan Kubik-Rubik dalam waktu yang sangat cepat. Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubik-Rubik ini berhasil dicetak oleh Abel Brata susilo yang mempu menyelesaikannya dalam waktu 19,33 detik pada acara HUT Museum Rekor-Dunia Indonesia pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. (sumber: metrobalikpapan.co.id)

Permainan Kubik-Rubik ini sangat baik untuk mengasah otak dan menguji kecerdasan. Tapi jangan remehkan permainan ini, jangan harap anda bisa menyelesaikannya tanpa ILMU, silahkan dibuktikan sendiri...!!

Tapi jangan khawatir jika anda sudah mentok, silahkan ikuti “3 Langkah Mudah Bermain Kubik-Rubik” berikut ini :


LANGKAH-1 (Tentukan Warna Pilihan, Posisikan Tetap Diatas):


Pertama, tentukan warna pilihan paling atas tengah lantai-3/Layer paling atas (misal: Warna Merah).
Posisikan warna pilihan anda ini tetap diatas ketika anda memutar-mutar kubik-rubik nantinya.



LANGKAH-2 (Pahami ‘3’ Prinsip Perletakan, Gunakan Untuk Lantai-3 & Lantai-2) :

• Prinsip-1 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir tengah lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.


• Prinsip-2 (Untuk Lantai-3) : ***

Untuk menjadikan warna merah yang berada dipinggir pojok lantai-3, maka posisikan dulu warna merah berada di salah satu posisi di lantai-1, seperti ditunjukkan pada gambar.



• Prinsip-3 (Untuk Lantai-2) : **

Untuk menjadikan warna hijau/kuning yang berada dipinggir tengah lantai-2, maka posisikan dulu warna hijau/kuning berada di posisi pinggir tengah bawah di lantai-2 yang berada dibawahnya, seperti ditunjukkan pada gambar.



PRAKTEK MENYELESAIKAN LANTAI-3 & 2 :

Setelah anda memahami 3 prinsip di atas selanjutnya gunakan prinsip tersebut untuk menyelesaikan kubik-rubik di lantai-3 & 2, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

2a. Membentuk Cross di Lt-3 (Gunakan Prinsip-1) :



Gunakan prinsip-1 untuk membentuk cross (+) di sisi atas lantai-3, seperti gambar disamping:
Untuk membuat cross sendiri juga harus memperhatikan warna center lantai-2 (sisi samping) sehingga cross akan terbentuk nyambung dengan center lantai-2 (Lihat sisi warna merah-hijau, warna hijau juga harus sewarna dengan center hijau). Berikut ini penerapannya:


Ada 3 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-1 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua : Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Tiga :
Gerakan penyelesaian :
2b. Membentuk “T” di sisi samping Lt-3 (Gunakan Prinsip-2) :
Gunakan prinsip-2 untuk menyelesaikan ujung-ujung lantai-3 sehingga terbentuk “T” (sisi samping), seperti gambar disamping:
Untuk menyelesaikan ujung Lt.3 ini anda harus memperhatikan 3 warna disampingnya (merah,hijau,&kuning) sehingga jika dilihat dari sisi kanan/kiri akan terbentuk huruf “T” Lihat sisi warna merah,hijau,&kuning

Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-2 *** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

2c. Menyelesaikan Lt-2 (Gunakan Prinsip-3) :
Selanjutnya untuk menyelesaikan bagian pinggir tengah lantai-2 (sisi samping) gunakan prinsip-3 sehingga semua warna di lantai-2 & lantai-3 ketemu semua, seperti gambar disamping:

Untuk menyelesaikan bagian tengah lantai-2 ini anda harus memperhatikan 2 warna disampingnya (hijau,&kuning) sehingga nantinya sisi samping kanan dan kiri warnanya akan ketemu Lihat sisi warna hijau,&kuning

Ada 2 kondisi yang terbentuk setelah anda memposisikan warna sesuai Prinsip-3 ** :
• Kondisi Satu :
Gerakan penyelesaian :
• Kondisi Dua :
Gerakan penyelesaian :

SELESAI :Selamat... sekarang anda sudah bisa menyelesaikan kubik-rubik lantai-2 & lantai-3,setelah anda menyelesaikannya dengan melihat tutorial ini jangan cepat puas, ulangi berkali-kali sampai anda paham dan bisa menyelesaikannya tanpa melihat tutorial ini lagi, coba berkali-kali dengan memilih warna Top dengan warna lain selain warna merah...!



http://saputramz.com/2010/05/3-langkah-mudah-bermain-kubik-rubik.html

Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari


SEJARAH KEYBOARD :
Keyboard komputer diciptakan berdasarkan dasar rancangan dari mesin ketik manual yang dibuat oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan mulai banyak dipasarkan pada tahun 1887 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol.

MENGUASAI ILMU MENGETIK 10 JARI :
Mungkin sebagian orang berpendapat untuk apa belajar mengetik 10 jari segala, saya rasa mengetik 10 jari malah ribet, gak terbiasa, atau susah banget...! pendapat ini ada karena orang yang itu gak mau membaca atau belajar ilmunya mengetik 10 jari, banyak manfaat kalau kita bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, mengetik bisa lebih cepat dan tanpa melihat keyboard lebih rileks sehingga tidak mudah capek.
Seringkali bahkan mungkin setiap hari kita dihadapkan pada suatu keadaan yang terdesak dengan tugas-tugas yang menumpuk, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.
Untuk melancarkan anda dalam Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ini, di akhir article ini saya berikan link untuk download game “Typer Shark” untuk latihan Mengetik 10 Jari dengan metode belajar sambil bermain.


PRINSIP UTAMA :

Ada 2 prinsip utama dalam Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ini adalah :

1. Satu Jari Mendapat Bagian untuk Menghandle Beberapa Huruf Tertentu,
Ada suatu aturan yang harus dipatuhi yaitu masing-masing jari kita mendapat bagian beberapa huruf atau istilah lainnya masing-masing jari kita menghandle beberapa huruf dalam keyboard yang tidak boleh di handle oleh jari kita yang lain misalnya jari telunjuk tangan kiri mendapat bagian huruf 4,5,R,T,F,G,V,B sedangkan jari telunjuk tangan kanan menghandle huruf 6,7,Y,U,H,J,N,M untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang menggambarkan dengan warna bagian masing-masing jari kita dengan huruf yang harus dihandlenya.




Penjelasan Warna:
• Pink : di handle jari Telunjuk
• Kuning : di handle jari Tengah
• Hijau : di handle jari Manis
• Biru : di handle jari Kelingking
• Abu-abu : di handle jari Jempol

2. Penempatan Posisi Standby Jari Kita,
Prinsip kedua yaitu kita harus selalu meletakkan jari kita pada posisi standby atau posisi garis pangkal keyboard, seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah ini :

Penjelasan:
• Huruf “F” selalu ditempati jari telunjuk tangan kiri dan huruf “J” selalu ditempati jari telunjuk tangan kanan,
• Selalu gunakan benjolan kecil di huruf “F” dan “J” pada keyboard, raba dengan jari telunjuk untuk menemukan posisi standby / garis pangkal ini,
• Setelah jari kita bergerak menekan tombol lain diluar garis pangkal diatas, jari kita harus segera kembali pada posisi garis pangkal ini.
Selalu terapkan 2 prinsip diatas setiap kali anda mengetik, dan berlatihlah mengetik dengan 2 prinsip diatas sebanyak-banyaknya, tidak lama jari anda akan terbiasa dan insting anda akan jalan seperti halnya anda mengendarai sepeda motor atau mobil, yang tidak perlu lagi melihat dimana letak presneleng dimana letak rem, dll. Anda akan dengan mudah Mengetik 10 Jari tanpa melihat keyboard dengan waktu yang cepat.

TIPS DALAM MENGETIK :

Berikut ini 5 Tips dari Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World" mengenai bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera :

1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
2. Posisi siku menggantung
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
4. Tekan tombol dengan tenang
5. Bila tidak sedang mengetik lemaskan semua tangan anda
Berikut ini Link download Ebook Article ini dalam bentuk PDF dan juga Game untuk Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari :
1. Ebook “Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari” Download2. Game “Typer Shark” Download

Ulangan TIK kelas 7 semester 1

Ulangan TIK kelas 7 semester 1

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !

1. Media komunikasi dibagi menjadi dua yaitu ....
A. manual dan digital
B. asli dan bajakan
C. langsung dan tidak langsung
D. tradisional dan modern

2. Di bawah ini termasuk alat komunikasi masa lalu, kecuali ....
A. kentongan
B. radio
C. daun lontar
D. asap

3. Diskusi adalah contoh komunikasi menggunakan media komunikasi ....
A. modern
B. tradisional
C. langsung
D. tidak langsung

4. Mencari informasi lewat internet adalah contoh penggunaan media komunikasi ....
A. modern
B. tradisional
C. langsung
D. tidak langsung

5. Di bawah ini yang tidak termasuk keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi adalah ....
A. membantu pengolahan data
B. memudahkan pekerjaan seseorang
C. hasil yang didapat lebih akurat
D. perlu keahlian untuk mengoperasikan

6. Di bawah ini adalah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, kecuali ....
A. berkurangnya jumlah lapangan kerja
B. kebutuhan sumber listrik yang cukup
C. pekerjaan menjadi lebih efisien
D. berpengaruh terhadap gaya hidup
7. Pemrakarsa pembuatan komputer dan juga mendapat julukan sebagai Bapak Komputer adalah ....
A. Thomas Edison
B. Charles Babbage
C. Prof. Hoard Aikem
D. James Watt

8. Istilah komputer diambil dari bahasa Latin yang berarti peralatan untuk ....
A. memproses
B. menghitung
C. mendengar
D. mengolah

9. Komputer generasi pertama muncul tahun 1946 dengan nama ....
A. LAPTOP
B. PC
C. ENIAC
D. UNIX

10. Tampilan Windows aktif yang pertama kali muncul setelah komputer dinyalakan disebut ....
A. ikon
B. toolbar
C. desktop
D. menu

11. Di bawah ini yang termasuk perangkat tambahan komputer adalah ....
A. keyboard
B. mouse
C. scanner
D. monitor

12. Program-program komputer disebut juga dengan istilah ....
A. hardware
B. software
C. brainware
D. mainware
13. Orang yang mengoperasikan komputer disebut juga dengan istilah ....
A. hardware
B. software
C. brainware
D. mainware

14. Perangkat input yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi dengan sistem komputer disebut ....
A. keyboard
B. CPU
C. printer
D. monitor

15. Perangkat penyimpanan yang ada di dalam CPU adalah ....
A. compact disk
B. floppy disk
C. flashdisk
D. hardisk

16. Perangkat penyimpanan yang kapasitasnya paling kecil adalah ....
A. CD
B. disket
C. flasdisk
D. hardisk

17. Bagian terpenting perangkat proses yang diambil sebagai nama komputer adalah ....
A. memori
B. soundcard
C. processor
D. motherboard

18. Alat yang berfungsi sebagai penggerak kursor atau pointer yaitu ....
A. mouse
B. keyboard
C. monitor
D. speaker

19. CPU kepanjangannya adalah ....
A. Control Process Unit
B. Central Processing Unit
C. Control Processing Unit
D. Central Processor Unit

20. Di bawah ini yang termasuk perangkat masukan adalah ....
A. Joystic
B. printer
C. speaker
D. monitor

21. Perintah untuk mematikan komputer dengan benar yaitu ....
A. Start – Programs – Turn Off Computer
B. Start – Shut Down Computer – Turn Off
C. Start – Turn Off Computer – Shut Down
D. Start – Turn Off Computer – Turn Off

22. Di bawah ini yang bukan bagian dari keyboard adalah ....
A. numeric key
B. primary key
C. type-write key
D. function key

23. Huruf A – Z, tanda baca, spasi, Capslock, merupakan bagian dari keyboard yang disebut ....
A. numeric key
B. primary key
C. type-write key
D. function key

24. Tahapan proses kerja komputer yang benar adalah ....
A. Input – Process – Output
B. Output – Process – Input
C. Input – Output – Process
D. Process – Input – Output

25. Scanner termasuk ke dalam perangkat ....
A. masukan
B. keluaran
C. penyimpanan
D. proses

26. Flashdisk termasuk kedalam perangkat ....
A. masukan
B. keluaran
C. penyimpanan
D. proses

27. Speaker termasuk kedalam perangkat ....
A. masukan
B. keluaran
C. penyimpanan
D. proses

28. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak digunakan di sekolah adalah ....
A. Scanner
B. Telegram
C. Komputer
D. Proyektor

29. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi banyak memberikan peran bagi kemajuan dunia pendidikan, di antaranya adalah ....
A. proses belajar melalui perangkat multimedia
B. dapat mempercepat kelulusan siswa
C. tidak memerlukan tenaga pengajar
D. tidak memerlukan buku paket
30. Fungsi scroll pada mouse yaitu untuk ....
A. mengeluarkan perintah
B. memilih perintah
C. menutup program
D. menggulung layar

31. Untuk mengeluarkan pilihan menu / perintah dapat dilakukan melalui .... pada mouse.
A. klik kiri
B. klik kanan
C. klik dua kali
D. scroll

32. Tombol Capslock pada keyboard berfungsi untuk ....
A. memindahkan kursor
B. membuat paragraf
C. menutup program
D. mengunci pada huruf kapital

33. Tombol di keyboard yang berfungsi menghapus karakter sebelah kanan kursor yaitu ....
A. Delete
B. Tab
C. Backspace
D. Shift

34. Tombol di keyboard yang berfungsi menghapus karakter sebelah kiri kursor yaitu ....
A. Delete
B. Tab
C. Backspace
D. Shift

35. Istilah untuk mengaktifkan Windows dari komputer dalam keadaan mati disebut ....
A. Shut Down
B. Turn Off
C. Cold Booting
D. Warm Booting

36. Istilah untuk mengaktifkan kembali Windows ketika komputer hang / error disebut ....
A. Shut Down
B. Turn Off
C. Cold Booting
D. Warm Booting

37. Dokumen yang diketik atau disimpan dengan nama tertentu disebut juga ....
A. folder
B. file
C. toolbar
D. ikon

38. Dokumen yang disimpan agar tidak tercampur dengan milik orang lain, maka perlu dibuat tempat penyimpanan dokumen tersendiri yang disebut ....
A. folder
B. file
C. toolbar
D. ikon

39. Tampilan gambar, tulisan atau animasi yang muncul di layar monitor ketika komputer tidak dipakai disebut ....
A. desktop
B. wallpaper
C. screen filter
D. screen saver

40. Alat tambahan yang dipasang di depan layar monitor untuk mengurangi radiasi disebut ....
A. desktop
B. wallpaper
C. screen filter
D. screen saver



II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar !

1. Media komunikasi secara umum terbagi menjadi 2 (dua). Sebutkan dan berikanlah masing-masing 3 (tiga) contoh !

2. Tuliskan masing-masing 2 (dua) contoh :
a. Keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
b. Dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

3. Sebutkan 3 (tiga) bagian / tombol yang ada di mouse dan dan jelaskan fungsinya secara singkat !

4. Jelaskan pengertian dari :
a. Ikon
b. Folder
c. Desktop

5. Tuliskan masing-masing 2 (dua) nama peralatan komputer yang termasuk :
a. Perangkat masukan
b. Perangkat penyimpanan
c. Perangkat keluaran